SURVEY
27 Juli 2021
Detail Berita
Dipublikasi oleh LPMP Kalsel pada 18 Maret 2018 | Dilihat 564 kali
Bimtek Analisis Data Mutu PMP 2017

Penjaminan mutu pendidikan merupakan suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses pendidikan sesuai dengan standar mutu (Permendikbud No. 28/2016). Untuk mengetahui satuan pendidikan sudah  mencapai  standar mutu atau belum, maka perlu dilakukan pemetaan mutu.

Kegiatan di buka oleh bapak Drs. Nuryanto, M.Pd. selaku Kepala LPMP KalselPemetaan mutu adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses yang terkait untuk melakukan pengumpulan data, pengolahan data dan analisis data dan informasi.

Salah satu tupoksi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yakni melaksanakan pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP). Berdasarkan tupoksi itu maka LPMP Kalimantan Selatan telah melaksanakan kegiatan pemetaan mutu pendidikan tahun 2017 yang dimulai dari pengumpulan data dan pengolahan data. Selanjutnya, LPMP Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Bimtek Analisis Data Mutu PMP pada tanggal 14 s.d 17 Maret 2018 bertempat di Bapelkes Provinsi Kalimantan Selatan Banjarbaru. Kegiatan ini dihadiri oleh pengawas sekolah dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK, dengan jumlah peserta 30 orang.

Bimtek Analisis Data Mutu PMP dibuka oleh Kepala LPMP Kalimantan Selatan, Bapak Drs. Nuryanto, M.Pd. yang didampingi oleh Plh. Kasi PMS Bapak Muhammad Padlan, S.Sos.,M.Pd. Dalam sambutannya, Kepala LPMP Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa sebelum dilaksanakan kegiatan Analisis Data Mutu Pendidikan Kalimantan Selatan data hasil Raport Mutu (EDS) telah diolah oleh tim LPMP bersama operator Dapodik Kabupaten Kota dan Provinsi pada beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan ini diharapkan dapat menemukan akar permasalahan mutu pendidikan pada satuan pendidikan di 13 kabupaten dan kota seluruh Provinsi Kalimantan Selatan. Akar permasalahan tersebut harus mendapatkan alternatif solusi, program perbaikan hingga usulan rekomendasi oleh peserta Bimtek Analisis Data Mutu. 

Semoga hasil kerja peserta yakni pengawas sekolah, widyaiswara dan seksi PMS LPMP Kalimantan Selatan selama empat hari itu membawa hasil yang optimal sesuai dengan yang diharapkan dan berimplikasi terhadap peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Kalimantan Selatan. SEMOGA.

Analisis Data

Penulis : Ella Agustina S.Pd.M.Pd. (Analis Pemetaan Mutu dan Supervisi, LPMP Kalimantan Selatan)