SURVEY
27 Juli 2021
Detail Berita
Dipublikasi oleh LPMP Kalsel pada 12 Maret 2018 | Dilihat 619 kali
Kegiatan Pengolahan Data Mutu Pendidikan

Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2107 telah dilaksanakan. Dalam proses pengolahan datanya, LPMP Kalimantan Selatan ikut membantu pemerintah daerah (Dinas Pendidikan Provinsi dan kabupaten dan kota).

Dalam konseKegiatan di buka oleh bapak Drs. Nuryanto, M.Pd. selaku Kepala LPMP Kalselp Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan dengan berbasis data yang telah diolah dengan akurat dan benar. Data mutu disusun sesuai dengan tujuan yang akan dicapai agar mendapatkan data yang siap dianalisis.

Kegiatan pengolahan data mutu bertujuan untuk mengolah data mutu pendidikan dari hasil raport mutu (EDS), UN, UKG ke dalam bentuk informasi. Pengolahan data dilaksanakan agar data tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 s.d 9 Maret 2017 bertempat di Bapelkes Provinsi Kalimantan Selatan. Peserta pengolahan data adalah widyaiswara dan pelaksana LPMP Kalimantan Selatan , operator Dinas Pendidikan Provinsi, kabupaten dan kota yang berjumlah 44 orang. 

Kegiatan dibuka oleh kepala LPMP Kalimantan Selatan, Bapak Drs. Nuryanto, M.Pd. Dalam sambutan beliau, menegaskan bahwa data yang dihasilkan nantinya akan dianalisis. Menurutnya, bahwa tim pengolah data (operator dan tim LPMP) adalah sebagai pelopor atau pembuka pintu masuk penjaminan mutu pendidikan di daerah, data yang dihasilkan merupakan langkah awal untuk menghasilkan rekomendasi untuk Dinas Pendidikan Provinsi, kabupaten dan kota. Beliau juga menyampaikan bahwa untuk menghasilkan data yang baik, LPMP Kalimantan Selatan perlu berkerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten kota se-Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini akan menghasilkan data yang akan dianalisis dan akan direkomendasikan untuk kepentingan kemajuan pendidikan di seluruh wilayah Kalimantan Selatan.

 

Penulis : Ella Agustina, S.Pd.,M.Pd.