SURVEY
26 Juli 2021
Detail Berita
Dipublikasi oleh LPMP Kalsel pada 11 April 2019 | Dilihat 192 kali
Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan kawal Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bersama LPMP Kalimantan Selatan di Aula Dinas Pendidikan Balangan

Balangan (11/4/2019). Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Selatan bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan telah  melakukan pendampingan pelaksanaan Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal  (SPMI) yang telah dimulai tanggal 8 s.d 11 April 2019.

Tujuan dari pelaksanaan Bimtek SPMI bagi sekolah adalah :

  1. Memahami Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Penjaminan Mutu Pendidikan
  2. Mampu menyampaikan penjaminan mutu pendidikan
  3. Mampu meyakinkan sekolah agar berkomitmen menjalankan penjaminan mutu
  4. Mampu memfasilitasi sekolah saat menerapkan penjaminan mutu pendidikan

Melibatkan semua pejabat struktural Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan Bapak H.Sulaiman Kurdi, S.Sos.,M.Pd, Sekretaris Dinas Pendidikan  H. Suwarso, S.Pi, Kepala Bidang PSMP Rafiul Amal, M.Pd, dan  Kepala Bidang Ketenagaan Drs. Moh. Kamal Syahwil, MM ikut berhadir setiap hari sebagai bentuk tanggungjawab dan dukungan yang selalu aktif dalam penyelenggaraan mulai dari pembukaan, memberikan arahan serta penguatan kepada peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan kegiatan ini untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan melalui sistem penjaminan mutu internal yang dilakukan pada satuan pendidikan masing-masing.

SPMI Balangan2

Dari Kiri Ke Kanan :  Fasda, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Balangan, Kabid Ketenagaan, Fasda

Difasilitasi oleh Fasilitator Daerah SPMI yang telah mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Fasda Tingkat Provinsi tanggal 4 s.d 6 April di LPMP Kalimantan Selatan kemaren, tim Fasda yang terdiri dari Suprapto, S.Pd.,MT, Noor Effendi, S.Pd.SD dan H. Riduansyah,S.Pd secara bergantian memberikan materi dan informasi penyegaran tentang Materi Pengembangan SPMI, Siklus, Jurnal, penjelasan RAB dan MoU kepada semua peserta.

SPMI Balangan1

Daftar Peserta Bimtek SPMI Kabupaten Balangan yang dengan sebaran sebagai berikut :

SPMI Balangan3

Semua satuan pendidikan yang telah terverifikasi untuk menjadi sekolah model dan mendapat bantuan pemerintah telah membuat, mengumpulkan, dan menandatangani nota kesepahaman (MoU), Rencana  Anggaran Biaya (RAB) dari bantuan pemerintah senilai 20 Juta Rupiah, Kuitansi,  Fotocopy buku rekening beserta daftar konfirmasi status rekening, fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sekolah, dan Fotocopy NPSN masing-masing 2 rangkap.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan pelaksanaan, ini dapat dilihat setiap akhir kegiatan diadakan tes untuk semua peserta dari satuan pendidikan dengan hasil tes baik. Sukses SPMI.

SPMI Balangan4

Peserta Kegiatan Bimbingan Teknis SPMI pada Aula Dinas Pendidikan

 SPMI Balangan5

 Peserta Kegiatan Bimbingan Teknis SPMI pada Aula Dinas Pendidikan

 SPMI Balangan6

 

SPMI Balangan7

 Tim Pendamping LPMP sedang memberikan informasi dan penjelasan sehubungan dengan Dana

SPMI Balangan8

Tim LPMP memberikan Penguatan Pengembangan Sekolah Model SPMI

SPMI Balangan9

Foto Bersama Akhir Kegiatan