SURVEY
18 Juni 2021
Detail Berita
Dipublikasi oleh admin pada 10 Juni 2021 | Dilihat 27 kali
Disdik Kota Banjarbaru dan LPMP Sosialisasikan Dana BOS

BANJARBARU – Bertujuan pengelolaan dan pelaporan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) menjadi lebih baik, LPMP Provinsi Kalimantan Selatan dan Disdik Kota Banjarbaru melakukan Sosialisasi Tata Kelola Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Reguler Tahun 2021, Senin (07/06) sampai Selasa (08/06) di Aula Widyatama Disdik setempat.

“Kepala Sekolah ditugaskan untuk menggunakan Aplikasi RKAS untuk kegiatan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan penatausahaan dan pertanggungjawaban dana BOS dan sumber lainnya yang diterima satuan pendidikan (sekolah),” ujar Adi Cahyono, S.Si, narasumber dari LPMP Prov Kalsel yang merupakan admin RKAS.

Dijelaskannya di hadapan peserta yang merupakan Kepala Sekolah dan Bendahara SD, yang dimaksud RKAS adalah Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. Aplikasi ini merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

“Bertujuan memfasilitasi anggaran, pelaksanaan, dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana BOS di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional,” ungkap staf Fungsi Sistem Informasi yang menjabat sebagai Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi ini.

Hal ini, lanjutnya, sesuai surat Edaran nomor : 4313/D/PR/2019 tentang Penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah poin 6.

Selain narasumber LPMP, hadirnya narasumber lain dari Inspektorat Kota Banjarbaru dan Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Keduanya menekankan, belanja dana BOS tidak hanya harus sesuai dengan RKAS yang dibuat oleh sekolah, tapi juga bukan belanja fiktif.  Jika tidak, akan menjadi temuan yang harus ditindaklanjuti di kemudian hari.. (Aac/lm)

Pelaksana Tugas Sekretaris sekaligus Kepala Bidang (Kabid) Bina SD, H. Edy Yuana  Pribadi, M.Pd membuka Sosialisasi Tata Kelola Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Reguler Tahun 2021