SURVEY
29 Januari 2022
Detail Berita
Dipublikasi oleh admin pada 02 Agustus 2021 | Dilihat 61 kali
Tim Verval LPMP Prov Kalsel Jawab Banyak Pertanyaan

BANJARBARU – Tim Verifikasi dan Validasi (Verval) Seleksi Administrasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) menjawab banyak pertanyaan dari peserta yang antusias dalam kegiatan Zoom Penyampaian Hasil Seleksi Administrasi PPG Tahun 2021, Senin (26/07) lalu.

“Meskipun informasi tentang Seleksi Administrasi PPG ini sudah dipublikasikan melalui berbagai media, tapi ternyata masih banyak pertanyaan yang masuk, baik secara pribadi maupun melalui aplikasi Dangsanak. Karena itulah kegiatan ini dilaksanakan untuk memfasilitasi berbagai pertanyaan tersebut sekaligus menyampaikan tahap selanjutnya setelah verval ini selesai,” ungkap Adi Cahyono, S.Si, yang menjadi narasumber.

Dijelaskannya lagi, Tim Verval LPMP Prov Kalsel melaksanakan tugasnya berdasarkan Surat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 3313/B2/GT.03.15/2021 tanggal 14 Juli 2021. Jadi, apabila ada berkas yang ditolak, hal tersebut karena tidak memenuhi persyaratan yang tercantum dalam surat tersebut.

“Persyaratan pertama adalah guru di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang belum memiliki sertifikat pendidik, namun ada peserta yang berstatus CPNS Kementerian Agama yang mengajukan berkas sehingga terpaksa kami tolak. Memang, sebelumnya, guru yang bersangkutan terdaftar sebagai guru non PNS di kemendikbud,” ungkap Penyusun Publikasi dan Informasi di Fungsi Sistem Informasi LPMP Prov Kalsel ini.

Kemudian persyaratan lainnya yang banyak membuat ajuan berkas ditolak adalah telah diangkat menjadi guru sampai dengan akhir tahun 2015. Jadi peserta yang mengajukan berkas SK awal atau pengangkatan pertama Tahun 2016 dan seterusnya, juga harus ditolak Tim Verval.

Selain pertanyaan, beberapa peserta zoom dari 245 peserta yang terdaftar di daftar hadir ini, juga mengajukan semacam protes mengapa ajuan berkasnya masih ditolak, sementara mereka sudah merasa memenuhi persyaratan.

Meski sudah dicantumkan alasan penolakan, Tim Verval kembali memeriksa berkas yang dimaksudkan. Bila ternyata belum memenuhi syarat, diminta untuk segera melaksanakan perbaikan. Bila ternyata sudah sesuai persyaratan, langsung disetujui tim verval saat itu juga.

Dari 245 peserta zoom yang mengisi daftar hadir, mereka berpendapat kegiatan yang digelar bertepatan dengan tenggat waktu (deadline) mengaku sangat terbantu, karena mereka bisa memahami kekurangan berkas mereka dan langsung memperbaikinya sebelum kesempatan ditutup.

Selain itu, panitia yang merupakan Tim Verval Fungsi SI LPMP Prov Kalsel, juga memilih peserta yang aktif bertanya untuk diberikan doorprize.

Sampai batas waktu verval, Rabu (28/07) tercatat 681 peserta disetujui dari 786 yang mengajukan berkasnya.

 

Peliput / Penulis : Tim SI / Lis Maulina


LPMP Kalsel / Tim SI

SELANJUTNYA – Dalam kegiatan Penyampaian Hasil Seleksi Administrasi PPG Tahun 2021 melalui zoom meeting, Senin (26/07), dijelaskan juga tahap selanjutnya setelah berkas yang diajukan disetujui Tim Verval LPMP Prov Kalsel.



LPMP Kalsel / Ida R

LIVE VERVAL – Tim Verval Seleksi Administrasi PPG Tahun 2021 melaksanakan Penyampaian Hasil Seleksi Administrasi PPG Tahun 2021 sekaligus live verval atau verval secara langsung melalui zoom meeting, Senin (26/07).

LPMP Kalsel / Lis Maulina

DOOR PRIZE – Peserta yang beruntung mendapatkan hadiah (door prize) dari panitia karena raise hand (mengangkat tangan) untuk langsung bertanya dalam kegiatan Penyampaian Hasil Seleksi Administrasi PPG Tahun 2021 melalui zoom meeting, Senin (26/07).