SURVEY
29 Januari 2022
Detail Berita
Dipublikasi oleh Nurul Amini pada 02 September 2021 | Dilihat 61 kali
18 MAHASISWA DAMPINGI 3 SEKOLAH DI KABUPATEN BANJAR

MARTAPURA (LPMP Prov Kalsel) -  Sebanyak 18 mahasiswa yang ditugaskan dalam program Kampus Mengajar Tahap II di Kabupaten Banjar berkesempatan bertatap muka langsung dengan pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar.  Kesempatan  bertemu Kabid PTK dan Kabid Pembinaan SD ini didapatkan dalam acara Pendampingan Program Kampus Mengajar Tahap II untuk Kabupaten Banjar, Kamis (2/9).

Kegiatan pendampingan diselenggarakan LPMP Provinsi Kalimantan Selatan dan difasilitasi Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pembinaan PTK, H. Makmur, M.Pd.

"Kami sangat berterima kasih kepada LPMP Provinsi Kalimantan Selatan, yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Apresiasi sekali. Karena kami bisa bertatap muka langsung dengan mahasiswa yang ditugaskan dalam Program Kampus Mengajar ini," kata Makmur.

Dia juga berpesan kepada para mahasiswa, apabila di tempat tugas, jangan hanya mencari titik lemah sekolah saja, namun juga bisa memberikan bantuan atau solusi jalan keluarnya.

“Diskusikan dengan pihak sekolah, baik dengan kepala sekolah, guru, maupun dengan pengawas pembinanya. Berkolaborasilah dengan beliau-beliau untuk penyelesaiannya. Berikan kesan terbaik kalian untuk peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Banjar. Kami bangga dengan kalian, dan kami berterima kasih atas dedikasi kalian. Ingatlah selalu jaga Kesehatan,” pungkasnya.

Kepala Bidang Pembina SD, Shalahuddin Yusuf, SH.  hadir memberikan materi ‘Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar’. Pada sesi sharing pengalaman, 3 orang mahasiswa diberi kesempatan menyampaikan pengalamannya. Secara keseluruhan mahasiswa yang bertugas di lapangan, sudah memberikan bantuan baik tenaga dan pemikiran untuk kemajuan sekolah.


Khoiriyah satu mahasiswa menyampaikan pengalamannya ketika bertugas di SDI Hidayatulla Taman Hudaya.

“Kami sudah membuat pojok literasi, membantu proses pembelajaran dan mendekor kelas supaya lebih menarik untuk siswa, dan pada saat bulan kemerdekaan kami membuat lomba untuk siswa.” katanya.

Peserta kegiatan pendampingan ini terdiri dari;  18 mahasiswa terbagi di 3 sekolah.  Bertugas di SDIT Sullamu Ulum 6 mahasiswa dan 6 lagi di SDI Hidayatullah Taman Hudaya, serta 6 orang di SD Islamic Bilingual Science.  Kepala Sekolah atau yang mewakili sebanyak 3 orang, dan Pengawas Pembina 3 orang. Jumlah keseluruhan 24 orang, dengan kehadiran 100 %.


LPMP Prov Kalsel / Sumiati

BERDISKUSI - Aktifitas peserta (Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan mahasiswa berdiskusi membuat rancangan kerja sekolah)

 

Pendampingan ini bertujuan membantu meningkatkan peran dan kontribusi nyata Perguruan Tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional, khususnya di bidang pendidikan. Membantu meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di sekolah termasuk dalam kondisi darurat pandemi COVID-19, sasaran  khususnya sekolah bantuan program kampus mengajar tahap II di Kabupaten Banjar.

Penanggungjawab Program Kampus Mengajar LPMP Provinsi Kalimantan Selatan, Akhmad Gafuri, S.Pd., M.Pd. berharap pendampingan ini memberikan hasil sesuai dengan tujuan dari kegiatan.

“Akhir dari kegiatan ini kita mendapatkan satu rancangan program kerja mahasiswa dengan sekolah. Rancangan ini merupakan hasil diskusi mahasiswa dengan kepala sekolah dan pengawas pembina,” katanya.

Durasi kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih 4 JP (@60 menit), sesuai dengan aturan di masa pandemi, dan seluruh yang hadir tetap memperhatikan protokol kesehatan; menjaga jarak, memakai masker dan memcuci tangan. 

Peliput/Penulis : Tim FPMP / Nurul Amini

Foto : Sumiaty & Nurul Amini

Editor : Lis Maulina