SURVEY
27 November 2021
Detail Berita
Dipublikasi oleh adi cahyono pada 23 November 2021 | Dilihat 13 kali
11 LPPL di Kalimantan Selatan Sebagai Sarana PJJ

BANJARBARU (LPMP Prov. Kalsel) –  Ada 11 Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) di Provinsi Kalimantan Selatan, berupa televisi dan radio, yang bisa digunakan untuk sarana Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini diungkapkan Dr. Ir. H. M. Farid Soufian, MS, narasumber dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Selatan dalam Kegiatan ‘Analisis Kebutuhan Penguatan Sarana Per-Wilayah dan Potensi Lokal’.

Media Radio dan Televisi adalah salah satu sarana pembelajaran jarak jauh mudah diakses siswa dari rumah dengan pendampingan orang tua atau wali,” ujarnya memaparkan materi berjudul ‘Pemetaan LP Radio dan TV Lokal Per Wilayah di KalSel’,  Selasa (23/11) di Ruang Microteaching, LPMP Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari 11 ini, lanjutnya, ada 7 radio, yakni RRI untuk wilayah Banjarmasin, Abdi Persada FM untuk Banjarbaru, Radio Swara Murakata FM untuk Hulu Sungai Tengah, Radio Tabalong untuk Tabalong, Radio Selidah Ijejela untuk Barito Kuala, Radio Swara Bersujud untuk Tanah Bumbu, dan Radio Swara Banjar untuk Kabupaten Banjar.

“Selain itu ada 4 televisi, yakni TVRI untuk seluruh Kalimantan Selatan, Tapin TV untuk Kabupaten Tapin, Tabalong TV untuk Tabalong, dan Sa-Ijaan TV untuk Tanah Bumbu,” imbuhnya.


Tim SI / LPMP Prov Kalsel

MUDAH DIAKSES - Media Radio dan Televisi adalah salah satu sarana pembelajaran jarak jauh mudah diakses siswa dari rumah dengan pendampingan orang tua atau wali. Ini diungkapkan diungkapkan Dr. Ir. H. M. Farid Soufian, MS, narasumber dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Selatan.

 

Sebelumnya Kepala PT. Telkom Banjarbaru, Wahyu Jati Nugroho menyampaikan materi ‘Pemetaan Telekomunikasi Per Wilayah’ dalam kegiatan yang mengundang 50 peserta yang terdiri dari Operator Dapodik Dinas Pendidikan Provinsi, Operator Dapodik Dinas Pendidkan Kab/Kota, Operator Sekolah Jenjang SMA, Operator Sekolah Jenjang SMP, dan Kepala Sekolah Jenjang SD. Selanjutnya, narasumber pusat, Arif Rifai Dwiyanto dari Universitas Mercu Buana memaparkan materi tentang ‘Analisis Kebutuhan Penguatan Sarana per-Wilayah dan Potensi Lokal’.


Tim SI / LPMP Prov Kalsel

PEMETAAN TELEKOMUNIKASI - Kepala PT. Telkom Banjarbaru, Wahyu Jati Nugroho menyampaikan materi ‘Pemetaan Telekomunikasi Per-Wilayah’ dalam Kegiatan ‘Analisis Kebutuhan Penguatan Sarana Per-Wilayah dan Potensi Lokal’, Senin (22/11) malam.

 

Setelah mendengarkan pemaparan materi, peserta kemudian berdiskusi untuk menganalisis kebutuhan penguatan sarana dan potensi lokal di wilayahnya. Jadi peserta membentuk kelompok sesuai kabupaten kota masing-masing.


Tim SI / LPMP Prov. Kalsel

ANALISIS BERSAMA – Para peserta berdiskusi untuk bersama-sama menganalisis kebutuhan penguatan sarana dan potensi lokal di kabupaten kota masing-masing, Selasa (23/11).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari, Senin (22/11) sampai Rabu (24/11) di LPMP Provinsi Kalimantan Selatan ini, menurut Ketua Panitia, Adi Cahyono, S.Si, bertujuan memberikan sosialisasi materi tentang hasil pemetaan kemampuan sarana telekomunikasi per-wilayah,  pemetaan telekomunikasi per-wilayah dan pemetaan radio dan televisi di Provinsi Kalimantan Selatan.

Peliput / Penulis : Tim SI LPMP Prov Kalsel

Foto : Tim SI LPMP Prov Kalsel

Editor : Lis Maulina