SURVEY
29 Januari 2022
Detail Berita
Dipublikasi oleh Nurul Amini pada 08 November 2021 | Dilihat 31 kali
Kampus Mengajar Bantu Kekurangan Guru

BANJARMASIN (LPMP Prov Kalsel) – Program Kampus Mengajar sangat membantu sekolah, terutama sekolah yang kekurangan tenaga guru. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan SD, Drs. Nuryadi dalam Kegiatan Pendampingan ‘Program Kampus Mengajar Tahap II Kota Banjarmasin’, Sabtu (6/10) di SDN Seberang Mesjid 1.

“Saya berharap Program Kampus Mengajar ini berlanjut,” ujarnya ketika memberi sambutan sebagai perwakilan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.

Oleh karena itu, dia sangat berterima kasih kepada seluruh mahasiswa kampus mengajar yang bertugas di kota Banjarmasin.


LPMP Prov Kalsel / FPMP

BERLANJUT - Kepala Bidang Pendidikan SD, Drs. Nuryadi, perwakilan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin berharap Program Kampus Mengajar berlanjut, karena sangat membantu sekolah yang kekurangan guru.


Sebelumnya dibuka secara resmi oleh Kasubbag Tata Usaha LPMP Provinsi Kalimantan Selatan, Sucipto, S.Pd, S.ST, M.Kom.   Dalam sambutannya Kasubbag TU berharap mahasiswa dapat berkontribusi penuh di sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan di Kota Banjarmasin.

Peserta yang diundang dalam kegiatan ini berjumlah 43 orang, terdiri dari Pengawas Sekolah Pembina, Kepala Sekolah Sasaran Bantuan Kampus Mengajar, dan Mahasiswa yang bertugas di sekolah sasaran kampus mengajar. Peserta yang dapat berhadir 41 orang, dengan prosentase kehadiran 95,34 %. Dengan demikian, berarti kegiatan sukses dan lancar.

Kampus Mengajar adalah bagian dari program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Pendampingan ini bertujuan membantu meningkatkan peran dan kontribusi nyata Perguruan Tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional, khususnya di bidang pendidikan, dan membantu meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di sekolah termasuk dalam kondisi darurat pandemi COVID-19, khususnya sasaran sekolah bantuan program kampus mengajar tahap II Kota Banjarmasin.  

Ada 11 sekolah sasaran bantuan kampus mengajar yang ada di Kota Banjarmasin, terdiri dari 4 jenjang SMP, dan 7 jenjang SD.



LPMP Prov Kalsel / FPMP

SUKSES - Peserta yang dapat berhadir 41 orang, dengan prosentase kehadiran 95,34 %. Dengan demikian, berarti kegiatan sukses dan lancar.


Setelah dibuka kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok per sekolah untuk membuat progres Capaian Program Kerja Mahasiswa untuk Sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi kelompok. Ada 11 kelompok yang hadir berkesempatan melakukan presentasi.  

Mahasiswa berkesempatan menyampaikan harapan dan praktik baik yang sudah mereka lakukan untuk sekolah. Seperti SMPN 14 Banjarmasin, yang disampaikan oleh Daffie Athallah Wafi Al Falih (Universitas Lambung Mangkurat)  dan Enggar Bagas Dewantara (Universitas Ahmad Dahlan), menyampaikan bahwa praktik baik yang sudah mereka lakukan seperti pembuatan kompos.

 

Peliput / Penulis : Nurul Amini

Foto : Tim FPMP

Editor : Lis Maulina