SURVEY
27 November 2021
PROFIL LEMBAGA
Diperbaharui 02 Maret 2021 | Dilihat 3249 kali

 

SEJARAH SINGKAT

LPMP KALIMANTAN SELATAN

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Selatan adalah Unit Pelaksana Teknis Kemendikbud yang pembentukannya berdasarkan Permendikbud nomer 37 tahun 2012 , semula bernama Balai Penataran Guru (BPG) Banjarmasin berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan Republik Indonesia 024a/O/1979 tanggal 2 Mei 1991. 

Dalam perkembangannya Tanggal 4 Juli 2003 BPG Banjarmasin Berubah Nama menjadi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan (LPMP Kalimantan Selatan) sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/O/2003 tanggal 4 Juli 2003 oleh Bapak Prof. Abdul Malik Fajar selaku Mendiknas. 

Peresmian LPMP Kalimantan Selatan diresmikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah  Bapak Dr. Ir. Indra Djati Sidi di Bandung pada tanggal 21 Juli 2003. Pejabat Pertama Selaku Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Bapak Drs. H. Abdul Kadir, yang semula Kepala BPG Banjarmasin.

Kemudian dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 07 tahun 2007 tanggal 10 Februari 2007 Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan berubah lagi menjadi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dengan tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah termasuk Taman Kanakā€kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat di provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan Nasional. 

Dengan adanya perubahan struktur organisasi di PMPTK yang sekarang menjadi BPSDMPK dan PMP, LPMP juga ikut mengalami perubahan khususnya dalam TUPOKSI lembaga, berdasarkan Permendikbud Nomor 26 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian dan Kebudayaan.


VISI

 

Terwujudnya lembaga yang profesional dalam melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah menuju standar nasional berwawasan global. 

MISI

  1. Mewujudkan SDM yang profesional dalam melakukan penjaminan mutu pendidikan; 
  2. Melakukan pemetaan dan supervisi mutu pendidikan di provinsi dalam pencapaian standar mutu pendidikan nasional;
  3. Memfasilitasi satuan pendidikan dan pendidikan kesetaraan dalam melaksanakan peningkatan mutu pendidikan menuju standar nasional pendidikan di provinsi;
  4. Mewujudkan sistem informasi pendidikan yang handal dalam melakukan akses layanan data;
  5. Melakukan kerjasama di bidang penjaminan mutu pendidikan dengan instansi terkait.

STRUKTUR ORGANISASI




KEBIJAKAN MUTU

  • LPMP Provinsi Kalimantan Selatan bertekad menjadi lembaga yang dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan dalam penjaminan mutu pendidikan di Provinsi Kalimantan Selatan.
  • Setiap pegawai LPMP Provinsi kalimantan Selatan berperan secara proporsional dan profesional dalam proses penjaminan mutu pendidikan
  • Untuk itu LPMP Provinsi Kalimantan Selatan menerapkan motto: CEPAT, AKURAT, dan RELEVAN

 


TUGAS DAN FUNGSI

LPMP KALIMANTAN SELATAN

Berdasarkan Permendikbud Nomor 26 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian dan Kebudayaan;

LPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu, pengembangan model dan kemitraan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah di provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam melaksanakan tugas LPMP menyelenggarakan fungsi antara lain :

  1. Pemetaan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
  2. pelaksanaan supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan ;
  3. pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan nasional;
  4. pengembangan model penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah secara nasional;
  5. pengembangan dan pelaksanaan kemitraan di bidang penjaminan mutu pendidikan secara nasional;
  6. pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah; dan 
  7. pelaksanaan urusan administrasi.
  • TUGAS DAN FUNGSI SUBBAGIAN TATA USAHA

Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan perencanaan, keuangan, kepegawaian, ketatalaksanaan, hubungan masyarakat, persuratan dan kearsipan, barang milik negara, dan kerumahtanggaan.


FASILITAS SARANA DAN PRASARANA DI LINGKUNGAN LPMP KALIMANTAN SELATAN

 Fasilitas

 

Profil LPMP Kalimantan Selatan Tahun 2019 dapat diunduh pada link dibawah ini :

Profil LPMP Kalimantan Selatan Tahun 2019 hal 1-21
Profil LPMP Kalimantan Selatan Tahun 2019 hal 22-34
Profil LPMP Kalimantan Selatan Tahun 2019 hal 35-48
Profil LPMP Kalimantan Selatan Tahun 2019 hal 49-56
Profil LPMP Kalimantan Selatan Tahun 2019 hal 57-70
Profil LPMP Kalimantan Selatan Tahun 2019 hal 71-86